KESEHATAN MATA

Uveitis: Peradangan Lapisan Uvea ยป

Uveitis: Peradangan Lapisan Uvea
Uveitis merupakan peradangan pada lapisan tengah mata, atau disebut dengan uvea. Uvea terdiri dari iris (cincin berwarna yang melingkari pupil yang berwarna hitam), koroid (selaput tipis yang mengandung banyak pembuluh darah) dan badan siliar (otot-otot yang mengatur fokus dekat dan jauh pada lensa). 
 
Peradangan pada uvea dapat mempengaruhi kornea, retina, sklera dan bagian vital mata lainnya sehingga menimbulkan komplikasi jangka panjang seperti glaukoma, katarak, dan ablasi retina. 
 
Gejala Uveitis
Uveitis dapat menyerang secara tiba-tiba namun ada juga yang perlahan-lahan. Usia 20 hingga 50 tahun paling sering didiagnosa terkena uveitis. Biasanya penderita akan mengalami kemerahan dan rasa nyeri pada mata, penglihatan yang kabur, sensitif pada cahaya, serta terdapat bercak gelap yang mengambang di depan mata (floaters).
 
Penyebab Uveitis
Uveitis dibagi menjadi 4 tipe:
1. Iritis : bentuk uveitis yang paling umum akibat kelainan autoimun seperti rheumatoid arthritis. Iritis mungkin berkembang tiba-tiba dan mungkin berlangsung sampai delapan minggu, bahkan dengan perawatan.
2. Cyclitis : suatu peradangan dari bagian tengah mata dan mempengaruhi otot yang memfokuskan lensa
3. Retinitis : mempengaruhi belakang mata dan disebabkan oleh viris seperti shingles atau herpes dan infeksi bakteri seperti syphilis atau toxoplasmosis.
4. Choroiditis : suatu peradangan dari lapisan di bawah retina, disebabkan oleh infeksi seperti tuberculosis.
 
Penyebab uveitis non infeksi di antaranya ialah kelainan autoimun, penyakit lupus, leukemia, kanker payudara, serta peradangan tubuh seperti ulserative colitis. Sedangkan penyebab uveitis karena infeksi adalah toxoplasmosis, tuberculosis, herpes, dan syphilis.
 
Pengobatan Uveitis
Umumnya uveitis terjadi secara berulang sehingga memerlukan pemeriksaan berkala. Untuk uveitis yang tidak disebabkan oleh suatu infeksi, dapat menggunakan obat tetes mata yang mengandung steroid untuk mengurangi bengkak dan menghilangkan nyeri.
 
Jika disebabkan oleh infeksi, maka perlu menggunakan antibiotik dan anti virus. Pada kasus tertentu dokter akan melakukan bedah retina untuk membersihkan cairan dalam bola mata yang meradang. Menggunakan kacamata hitam juga disarankan untuk mengatasi kepekaan berlebih terhadap cahaya. (TR)

Akses mobile http://m.optikmelawai.com via ponsel anda !


Artikel Lainnya

more products
  • INTERMESO
  • Melengkapi Gaya Elegan

    Melengkapi Gaya Elegan

    Menyadari berkembangnya permintaan akan luxury goods dikalangan eksekutif muda, nama yang terkenal dengan logo bintang putih ini pun menghadirkan koleksi yang lebih berkesan anak muda,...  [more]

  • Inspirasi Bambu

    Inspirasi Bambu

    Material bambu alami Jepang diaplikasikan pada bagian top bridge serta kedua sisi tangkai kacamata.

      [more]

artikel lainnya
  • FASHION TERBARU
artikel lainnya
  • GAYA SELEBRITI
artikel lainnya